Kelurahan Melayu



Abdul Haris Julkarnain, S.Sos.

NIP. 19730110 200701 1 018


Alamat Kantor :

Jln. Yos sudarso, Kelurahan Melayu, Kode Pos. 84119


Deskripsi Umum

Kelurahan Melayu merupakan salah satu Kelurahan tertua di lingkungan Pemerintah Kota Bima. Semenjak Kota Bima masih Kota Administratif, Kelurahan Melayu sudah lama terbentuk hingga sampai saat ini. Kelurahan Melayu masih menjadi bagian dari wilayah Pemerintah Kota Bima yang awalnya berada dalam wilayah administrasi Kecamatan Rasanae Barat berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 77 Tahun 1998. Seiring waktu berjalan, Kelurahan Melayu masuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Asakota berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2002 tentangPembentukan Kota Bima di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Selain sebagai wilayah Kelurahan juga dikenal sebagai Perangkat Daerah.

Kelurahan sebagai Perangkat Daerah dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kota Bima Nomor 5 Tahun 2008 tentang Pembentukan, Susunan, Kedudukan, Tugas Pokok dan Fungsi Kecamatan dan Kelurahan. Seiring berjalannya waktu peraturan perundang-undanganyang mengatur tentang Perangkat Daerah berubah, Kelurahan bukan lagi sebagai perangkat daerah tetapi sebagai Perangkat Kecamatan berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Bima yang ditindaklanjuti dengan Peraturan Walikota Nomor 62 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Kecamatan dan Peraturan Walikota Bima Nomor 65 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Kelurahan.Kelurahan dipimpin oleh Lurah yang berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Camat. Lurah mempunyai tugas membantu Camat dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan, perekonomian dan pembangunan dalam wilayah kelurahan.


Visi Misi

1. Visi

Melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dankemasyarakatan di Kelurahan Melayu

2. Misi

Melaksanakan pemberdayaan masyarakat menuju kelurahan Tangguh.


Sasaran Pelayanan

Sasaran pelayanan adalah meningkatnya partisipasi aktif masyarakat dalam kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan serta penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum.


Program Unggulan

  1. Program peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.
  2. Program pemberdayaan masyarakat untuk menjaga ketertiban dan keamanan.
  3. Program pembinaan dan peningkatan pelayanan keagamaan dan sosial kemasyarakatan.


Motto

Cepat, Inovatif, Transparan dan Amanah


 Jumlah pegawai berdasarkan pendidikan dapat dilihat pada tabel berikut :

 

No Jenis Pendidikan Laki-Laki Perempuan Ket
1. Sarjana 3 1  
2. SLTA 1 1  
3. SD 1 -  
Jumlah 5 2